adventure, Wildlife

Survei amphibia.. akhirnya

Akhirnya, jadi juga saya pergi sama teman mencari kodok, katak dan salamander di sini. Tanpa sepatu wellies warna-warni tentunya, karena saya belum berhasil dapat yang ukuran dan harganya pas 😛

Tapi gak apalah, untung tempat surveinya tidak sebecek yang dibilang teman saya. Lha wong di kota kok ya..

Sayang fotonya gak banyak, secara saya grogi pergi survei sama 4 cowo bule hahahahha… 😀

Dapat apa waktu survei? Tiga ekor kodok, satu katak, banyak serangga, dan 6 ekor lintah besar-besar.

Yah demikianlah kalo survei satwa di UK, jangan berharap seperti survei di negeri sendiri deh 😀

ps. Foto kodoknya terhapus pula, jadi yah.. foto2 cowo bule aja yang terpasang, walaupun gak semenarik David Beckham…

adventure, Personal, Work work work

Asisten Lapangan

Yopi Manderos

Ara Nelman Kakauhe

Teguh

Jayus

Tarmin

Aris

La Au

La Marene

Kadang saya berpikir, merekalah orang-orang yang lebih layak untuk mendapat gelar akademik yang saya dapat, karena tanpa mereka, tidak mungkin saya menyelesaikan penelitian-penelitian lapangan itu..

Mereka adalah asisten penelitian atau teknisi lapangan, penduduk lokal yang memiliki keahlian tentang hutan dan satwa serta dilatih untuk mencatat data-data ekologi satwa secara ilmiah. Mereka jauh lebih mengenal hutan dan satwa dari kita yang peneliti, kita yang duduk di bangku sekolah sampai universitas, yang mempelajari satwa dari buku-buku. Oleh karena itu, hampir semua penelitian satwa di lapangan, sangat tergantung pada keberadaan mereka, sang teknisi lapangan. (read more)

adventure, Personal, Wildlife

Raising si Kuse

A story written 13 years ago… (damn, am I that old already 😛 )

I remember, the first thing I asked my colleague when I was offered to conduct a study about bear cuscus was: “Do they bite?” “Can I hug them ?”, hoping that I wouldn’t just observe them from a distance but also had a chance to touch the animal. And I never imagine that it could really happen to me. Instead of just touching them, I could really hug one of that cutest creatures I’ve ever known…

It was mid may 1995. It was the second month of my field work and I began to feel homesick and a little bit lonely when a friend gave me a surprise gift. A special one in fact, because it turned to be my most unforgettable memory.

It was put in a closed basket. I knew it was an animal but I did not have any idea of what it was. My friend opened the basket for me and said “Surprise.!!!”, but oops.. nothing there, and I saw a panic face in front of me instead. Then I also began to panic, disappointed and there was a big question mark in my head, what was going on? But before we could think of something, we suddenly heard some strange harsh screeches sound from across the room. “There it is!” said my friend, and I found my surprise gift. (read more)

adventure, Personal

Kemana postingan barunya?

hull.jpg

Iya ni, mana ya?

Sebuah pertanyaan untuk diri sendiri yang jawabannya bisa panjang atau pendek sependek satu kata. Kalau mau yang pendek, paling jawaban klise lagi yang ada: sibuk. Tapi kalau yang panjang, jadi deh, kata sibuk tadi diperjelas lagi dan lagi dan lagi.

Sejujurnya sih, sibuk sekali tidak, hanya saja belum merasa settled di tempat baru. Saya baru satu minggu ini memindahkan pantat dari Jakarta yang panas ke Inggris yang dingin. (read more)